Drop a comment if you stay right here
Home » » Seputar Harddisk

Seputar Harddisk

Defragmentasi HDD memperpendek usia HDD
 Kenapa? Ada kekhawatiran melakukan defragmentasi akan meningkatkan resiko kerusakan HDD. Terutama meningkatkan beban kerja head actuator. Proses defragmentasi memang akan membebani, terutama prosess seeking yang berlangsung untuk mengatur urutan data pada hard disk. Efek positifnya baru akan dirasakan setelah proses defragmentasi, karena data lebih teratur yang membuat hard disk mengalami penurunan waktu untuk seeking data. Jadi defragmentasi HDD masih dianjurkan utk dilakukan secara berkala. Oleh karena itu itu saat Defragmentasi jangan buka / lakukan aktivitas lainya selain proses defragmentasi. Dan matikan system tray yang ada untuk sementara waktu terurtama Antivirus.
Sering format HDD mengurangi umur HDD
 Pada saat formating banyak yang menyangka pergerakan head lebih aktif dibanding proses non-format. Kenyataannya proses format melakukan pergerakan secara berurutan. Bahkan dikarenakan head read/write sama sekali tidak bersentuhan dengan platter secara fisik, jadi tidak ada gesekan sama sekali. Jadi Diformat tiap hari pun tidak akan membuat hard disk anda cepat rusak
Format berkala dapat meningkatkan kinerja HDD
 Format hard disk secara berkala sama sekali tidak berhubungan dengan meningkatnya kinerja hard disk. Dengan melakukan format, hard disk kembalikosong, dan file-file yang baru dimaskkan tidak terdefragmentasi dibanding pada kondisi sebelumnya. Jadi untuk meningkatkan kinerja hardisk, lebih praktis sekedar melakukan defrag dari daripada memformat ulang.
Tegangan PSU labil menimbulkan bad sector
 Jika pernyataan spesifik seperti ini; menimbulkan bad sector pada hard disk, maka mitos ini tidak benar. Yang perlu diperhatikan adalah, meskipun daya tidak stabil tidak akan secara spesifik menjadi penyebab timbulnya bad sector, namun masih ada resiko lainnya. Ganguan catu daya dapat merusak circuit board juga motor pemutar spindle hard disk. Dua bagian inilah yang lebih tepat akan mengalami dampak negatif dari ketidakstabilan keluaran listrik dari power supply. Bahkan pada kondisi terburuk, dapat mematikan hard disk seketika, misalnya terjadi lonjakan listrik tanpa dapat difilter oleh PSU.
Bad Sector karena listrik padam tiba-tiba
 Hal ini benar tapi untuk hard disk zaman dahulu, ketika head hard disk masih disarankan utnuk diposisikan dalam kondisi park saat PC dimatikan. Tetapi tidak untuk hard disk terkini Karena head actuator digerakkan dengan vocie coil actuator, yang secara otomatis memposisikan diri seketika ke posisi aman saat catu daya ke hard disk terputus.
Berbeda ngan har disk zaman dulu yang masih digerakkan dengan stepper motor yang masih tergantung fungsi mekanis.
Tapi Tetep adanya listrik padam pada saat proses perputran Harddisk yang sangan kencang untuk HDD jaman sekarang,ini dapat merusak HDD karena downnya sumber tegangan. Solusi nya gunakan lah UPS untuk mengantisipasi Hal"yang tidak di inginkan.
Peletakan HDD secara vertikal dapat merusak hard disk
 Pendapat tersebut sama sekali tidak benar. Hard disk terkini dapat dioperasikan secara horisontal maupun vertikal, bakan terbalik sekalipun. Dan sama sekali tidak mempengaruhi umur hard disk. Yang jangan dilakukan adalah ; jika breathing hole hard disk tidak mendapatkan akses pertukaran udara yang memadai. Dalam posisi apapun akan memperpendek umur hard disk. kCatatan lagi klo saat Vertical atau Horizontal ini posisi pada saat awal Harddisk belum dinyalahkan karena jika pada saat HDD menyala dan kita merubah Posisi Harddisk akan menyebabkan Goncangkan HDD lagi asik"muter di tambahin muter Sealed Hal seperti ini yang dapat menyebabkan HDD kita BAD SECTOR.
sumber : www.labcompsky.com
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Abangrizky - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger
Read more: http://majuter.us/2012/02/13/membuat-iklan-melayang-tanpa-mengganggu-pembaca#ixzz1n62dVtL1 Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial No Derivatives