Drop a comment if you stay right here
Home » » Menghilangkan Kata “Shortcut” Ketika Membuat Shortcut

Menghilangkan Kata “Shortcut” Ketika Membuat Shortcut

ShortcutUntuk lebih mudah mengakses sebuah file, folder ataupun aplikasi di Windows, biasanya Anda akan membuat sebuah shortcut ke file, folder atau aplikasi tersebut. Cara membuat shoftcut, saya rasa sebagain besar atau bahkan semua pengguna komputer sudah bisa. Anda tinggal melakukan klik kanan pada file atau folder, kemudian memilih menu Create Shortcut.
Biasanya shotcut ditandai icon berisi tanda panah dan kata “Shotucut” dibelakangnya (Windows 7 dan Vista) atau “Shortcut to” di depannya (Windows XP). Agar kelihatan lebih rapi dan bagus biasanya saya sendiri menghapus kata “shortcut” tadi. Mungkin Anda juga melakukannya. Namun, kadang-kadang saya sedikit bosan melakukan hal ini. Setiap membuat shortcut, saya harus melakukan rename untuk menghilangkan kata “shortcut”. Mungkin Anda juga merasa seperti itu. Lalu bagaimana solusinya agar ketika kita membuat shortcut, Windows tidak menambahkan imbuhan kata “shortcut”?
Ada sebuah cara menghilangkan kata “shortcut” ketika membuat shortcut secara otomatis. Trik ini bisa Anda lakukan dengan melakukan sedikit perubahan pada salah satu value di registry. Tidak usah khawatir. Tips ini aman untuk system Anda. Namun, saya sarankan Anda membuat sebuah backup dari value tersebut registry atau membuat restore point sebelum melakukan perubahan.
Jika Anda sudah membuat sebuah backup value registry tadi atau membuat sebuah restore point, berikut cara menghilangkan imbuhan “shortcut” ketika membuat shortcut di Windows XP, Vista dan Windows 7:
  1. Buka Registy Editor dengan mengklik Start » Run. Ketik “regedit” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
  2. Pada jendela Registry Editor, buka key HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer. Selanjutnya, pada jendela value editor di sisi kanan, klik dua kali value link untuk mengubah nilainya.
  3. Link Value
    Klik gambar untuk memperbesar
  4. Di jendela Edit Binary Value, ubah nilainya menjadi 00 00 00 00. Kemudian klik OK untuk menyimpannya.
  5. Edit Binary Value
  6. Tutup jendela Registry Editor dan restart komputer.
Setelah komputer restart dan Anda login kembali ke Windows, cobalah membuat sebuah shortcut dari sebuah file dengan mengklik kanan file tersebut dan pilih Create Shortcut. Apakah imbuhan “Shortcut” (Windows 7 dan Vista) atau awalan “Shotcut to” (Windows XP) masih muncul? Jika belum coba ulangi langkah-langkah di atas. Pastikan Anda mengubah value binary menjadi 00 00 00 00 seperti pada gambar.
Jika Anda ingin mengembalikannya seperti semula, Anda tinggal ikuti lagi langkah-langkah tadi. Namun, pada jendela Edit Binary Value ubah nilai menjadi 1E 00 00 00 untuk Windows 7/Vista dan 16 00 00 00 untuk Windows XP. Namun, jika Anda malas untuk melakukan editing registry, Anda bisa mendownload file registration entries yang sudah saya buatkan yaitu:
  1. RemoveShotcut-Win7.reg untuk menghilangkan kata shortcut di Windows 7 dan Vista
  2. RestoreShotcut-Win7.reg untuk mengembalikannya seperti semula
  3. RemoveShotcut-WinXP.reguntuk menghilangkan kata shortcut di Windows XP
  4. RestoreShotcut-WinXP.reg untuk mengembalikannya seperti semula.
Keempat file tadi telah saya kemas dalam 2 file .zip dan bisa Anda download melalui link di akhir artikel.
Sekian cara menghilangkan kata “Shortcut” ketika membuat shortcut di Windows. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Download File Registration Entry Windows 7 dan Vista
Download File Registration Entry Windows XP
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

4 komentar:

Entis Sutisna mengatakan...

nice post sob...
saia coba yua....
hppy blogging sob...

abangrizky mengatakan...

ok .. sob seLamat mencoba :)

Septian Wiranata mengatakan...

mantap nih info nya bro . :)

abangrizky mengatakan...

@wira . makasih sob :)

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Abangrizky - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger
Read more: http://majuter.us/2012/02/13/membuat-iklan-melayang-tanpa-mengganggu-pembaca#ixzz1n62dVtL1 Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial No Derivatives